oleh

Dirgahayu RI Ke 73 Tahun, Insan Pers Banyuwangi Adakan Sosialisasi Bahaya AIDS/HIV

Banyuwangi, Detikperistiwa.id–Sosialisasi Penanggulangan AIDS/HIV salah satu kegiatan yang dikemas insan pers Banyuwangi, dalam rangka Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 tahun, dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi, di hibur Band Kapok dan Jeruji Akustik binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Erna Agustina, Manager Programer Komisi Penanggulangan (PKP) AIDS/HIV , mengatakan, terhitung sampai bulan Juli 2018, Kabupaten Banyuwangi positif terjangkit penyakit menular HIV/AIDS mencapai angka tiga ribu enam ratus tiga.

“Penyakit tersebut dapat menular dari aktivitas Sex bebas, jarum suntik yang digunakan dalam pemakaian Narkoba secara bergantian, jarum untuk membuat tatto dan jarum untuk menindik yang tidak seteril, serta dari ibu terjangkit HIV yang melahirkan seorang bayi”, Terang Erna Agustina Sabtu (11/8) pada acara sosialisasi anti Narkoba, HIV/AIDS diprakarsai Koran, Majalah, Televisi dan on line (Koma Vision), Polres Banyuwangi , Memo Timur dan Lapas, bertempat di halaman Lapas Banyuwangi.

Baca Juga :  Tekab Polda Metro Jaya Gelar Operasi Antisipasi Tawuran dan Geng Motor

Lanjut Erna, bagi seorang ibu yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, bila akan melahirkan bayinya dianjurkan untuk melahirkan secara sesar dan tidak memberikan asi (tidak menyusui anaknya).

“Mari kita bersama-sama menjaga agar penularan penyakit tersebut bisa ditekan dan tidak terus bertambah jumlah masyarakat Banyuwangi yang terjangkit”, Tambahnya

Sementara sambutan Kasat Narkoba Polres Banguwangi, AKP Moh. Indra Najib, menjelaskan bila Polres Banyuwangi sejak tahun 2017 sampai tahun 2018 penangkapan kasus narkoba terus meningkat.

“Ditahun 2017 kami berhasil mengungkap 223 kasus narkoba. Dan pada tahun 2018 sampai hari ini sudah berhasil mengungkap lebih dari 200 kasus narkoba”, ungkapnya.

Dia pun menghimbau agar semua masyarakat Banyuwangi ikut turut serta dalam membasmi peredaran Narkoba di diwilayah Polres / Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga :  Polsek Johar Baru Jakarta Pusat Gelar Doa Bersama

“Sosialisasi anti Narkoba gencar digelar guna mengingatkan kepada seluruh masyarakat jika Narkoba akan merusak generasi bangsa. Sehingga mari bersama-sama turut berjuang membasmi peredaran Narkoba”, Tegas Indra, sapaan akrab AKP. Moh. Indra Najib.

Diketahui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) kelas II B Banyuwangi bekerjasama dengan Polres Banyuwangi, Koma Vision, Lapas dan Media Memo Timur menyelenggrakan kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba dan HIV/AIDS. Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian acara Dirgahayu Repbulik Indonesia (RI) yang ke-73 tahun. (Muhibut)

Loading...

Baca Juga