oleh

Ini Mushaf Al-Quran Terbesar dari Lamongan

Lamongan – Mushaf Al-Quran berbahan kertas terbesar ada di Lamongan. Memiliki ukuran 240 x 155 x 18 cm, Al-Quran karya warga Lamongan ini akan disimpan di Masjid Agung Lamongan. Kini, sembari menunggu renovasi masjid, Al-Quran tersebut disimpan di Yayasan Nurul Iman Pesantren Al-Quran Desa Sidorejo, Kecamatan Deket.

Al-Quran terbesar berbahan kertas impor ini buah karya dari Ustaz Rusdi aliuddin. “Mushaf Al-Quran ini merupakan program dari Pemkab Lamongan. Dengan lama pengerjaan sekitar 2 tahun,” kata Ustad Rusdi kepada wartawan yang menemuinya di pesantren, Sabtu (2/6/2018).

Mushaf Al Quran yang dibuat Rusdi ini memiliki berat sekitar 4 kwintal. Ukuran huruf yang ada pada Al-Quran memiliki tinggi sekitar 7 cm. Dibuat dengan kertas canson yang diimpor dari Perancis, Rusdi membutuhkan 400 botol tinta yang sengaja didatangkan khusus dari Jerman. Lalu digoreskan secara manual di lembar kertas menggunakan alat tulis kaligrafi dan carang (ranting bambu, red) yang dibentuk khusus.

Baca Juga :  Patroli Skala Besar, Polres Serang Kota Bubarkan Kerumunan

“Kesulitannya hampir tidak ada, mungkin karena faktor usia, sehingga ingatan kurang agak begitu tajam,” kata Rusdi saat ditanya soal kesulitan yang dihadapi selama membuat mushaf Al-Quran ini.

Rusdi menuturkan, sepanjang pengetahuannya, mushaf Al-Quran yang ia buat dengan bekerja sama dengan Pemkab Lamongan terbesar sedunia dari Alquran yang berbahan kertas. Kalau yang ada di Banyuwangi ataupun di Jakarta, aku Rusdi, berukuran 2 x 1,5 meter.

Selain Al Quran terbesar, Rusdi mengaku juga sudah menyelesaikan 2 Al Quran besar berukuran 1 meter yang saat ini berada di salah satu masjid di Kecamatan Deket, Lamongan.

“Cara pembuatannya cukup sederhana, mula-mula menjepit kertas ukuran raksasa tersebut memakai alat khusus. Setelah itu, berbekal Al-Quran yang sudah ada, kita menulisnya di kertas berukuran besar ini,” terang sang Khottot, Rusdi.

Dia berharap, dengan selesainya Mushaf Al-Quran ini akan semakin mempertebal rasa keimanan umat. Rencananya, Al Quran jumbo itu disimpan di Masjid Agung Lamongan setelah renovasi masjid tuntas dan rehal (semacam meja baca, red) berukuran 350 cm x 255 cm selesai dibuat.

Baca Juga :  Para Tersangka Penyelundupan Tiga Tas Sabu Tiba di Bandara Soetta

“Tuhan suka sesuatu yang indah, sehingga dengan keindahan Al Quran ini akan semakin tumbuh kecintaan kita terhadap Al Quran,” harapnya.

Sementara salah seorang pembaca Al-Quran raksasa ini, Ifa mengaku membaca Al Quran raksasa ini memudahkan. Sebab ukurannya terbilang sangat besar. Ifa juga kagum dengan Al Quran besar ini karena keindahan bentuknya yang khas. “Memudahkan untuk membaca, meski dibutuhkan lebih dari 2 orang untuk membalikkan kertasnya,” aku Ifa.
(fat/fat)

Loading...

Baca Juga